Header Ads

Pengertian Format FAT, FAT32 DAN NTFS

Copyhitam.com - Format FAT32
Adalah Utilitas Format Disk yang dirancang untuk Memformat disk lebih besar dari 32GB dengan sistem file FAT32 yang terformat.Beberapa perangkat lunak sistem operasi atau eksperimen hanya membutuhkan atau mendukung FAT32.


1.FAT 
FAT adalah singakatan dari file assosiation table seperti  tabel alokasi berkas adalah sebuah system berkas  yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara beroperasi,
FAT pertama kali di kembangkan oleh BIL Gates ( MISCROSOFT) Dan Marc McDonald pad tahun 1976-1977. 

Lalu dikenalkan oleh MS-DOS pada tahun 1981. Sistem berkas ini merupakan berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu. FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital dan pemutar media portable.


sistem berkas ini digunakan oleh oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows; untuk versi FAT yang didukung olehnya lihat pada bagian versi), GNU/Linux, dan masih banyak sistem operasi lainnya yang juga mendukung, termasuk Macintosh Mac OS/X.

2.FAT32



FAT32 adalah versi sitem berkas FAT yang generasi terakhir, yang diperkenalkan ketika microsoft merilis windows 95 OEM Service Release 2 atau service Park 2. FAT32 menggunakan lebih banyak Bit untuk mengidentifikasi setiap cluster pada disk. Hasilnya, FAT32 bisa mendukung stotage yang besar sampai 2 terabyte plus efesiensi yang lebih baik. kecuali nda seorang yang sangat haus storage, kapasitas sebesar itu sudah jauh lebih dari cukup. 

3.NTFS 



adalah new technology file system, yang merupakan sebuah sistem berkas yang di masukan oleh microsoft dalam kumpulan sistem operasi windows NT , yang terdiri dari windows 2000,XP,server 2003,Vista,win7.

sistem berkas NTFS memiiki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan kelompok sistem berkas FAT. NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi seperti pengaturan akses (access control )siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas atau directory,penetapan kuota beberapa banyak setiap pengguna dapat menggunakan kapasitas hardisk fitur enkripsi serta toleransi terhadap kesalahan (fault toleransi).

No comments:

Powered by Blogger.