Header Ads

25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia

25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Copyhitam.comHubungan antara dua orang memang mensyaratkan adanya cinta, rasa percaya dan saling menghormati agar hidup semakin bahagia. Namun lebih daripada itu, sains ternyata juga telah membuktikan bahwa hubungan pun membutuhkan lebih daripada itu semua. Inilah sederet fakta berdasarkan sains tentang hubungan yang bahagia.  Jangan tergesa-gesa

Hubungan yang spontan mungkin terasa romantis.

25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia

Namun, itu hanya akan terjadi jika Anda melakukannya sesuai dengan aturan dan perlahan-lahan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Emory University di Georgia mengungkapkan bahwa semakin lama pasangan berkencan sebelum menikah, semakin besar kemungkinannya mereka akan selalu bersama selamanya.
Hindari pernikahan yang mahal
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Cincin yang gemerlan dan pesta penihakan yang mahal tidak selalu menjamin kebahagiaan dan keberlangsungan pernikahan.  Studi yang dilakukan oleh Emory University mengungkapkan bahwa dari 30 persen kasus, durasi pernikahan berbanding terbalik dengan uang yang dihabiskan untuk membiayai pesta. Stres akibat utang tentu saja bukan cara terbaik untuk memulai pernikahan yang bahagia.

Tidur berpelukan
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Pasangan yang tidur berpelukan ternyata lebih bahagia daripada mereka yang tidur tidak berpelukan. Sebuah studi yang dilakukan di University of Hertfordshire, Inggris, terhadap 1.000 partisipan menyatakan bahwa pasangan yang tertidur dengan posisi yang sarat kontak fisik dapat membuat hubungan semakin harmonis dan hangat. Kontak fisik yang dimaksud adalah tidur sambil berpelukan dan berpegangan tangan. Kondisi ini secara tidak langsung mencerminkan rasa saling membutuhkan satu sama lain, selalu merindukan pasangan, dan keinginan untuk selalu bersama. "Sekitar 94 persen pasangan bahagia ternyata selalu melakukan kontak fisik dengan pasangannya saat tertidur, dibandingkan dengan 68 persen lainnya yang tidak saling bersentuhan," kata Richard Wiseman, penulis studi. Penelitian lain yang dihelat tahun 2013 silam membeberkan bahwa pasangan yang sering terganggu jam tidurnya memperlakukan pasangannya secara tidak baik sepanjang hari. 

Mengucapkan "terima kasih"
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah studi yang dilakukan oleh Greater Good Center di University of California, Berkeley bahwa bersyukur atas hal-hal yang dimiliki itu dampaknya luar biasa. Aneka studi menunjukkan ketika seseorang mengetahui berkat yang didapatkan memiliki banyak manfaat. Aneka studi menunjukkan bersyukur mampu membuat tidur lebih nyenyak hingga mengurangi depresi. "Bersyukur membuat seseorang menjadi sosok lebih optimistis dan kecil kemungkinan memikirkan hal-hal negatif yang terjadi pada diri," kata direktur Greater Good Science Center dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat, Emiliana Simon-Thomas.


Jujurlah
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah studi yang dilakukan ilmuwan dari University of Illinois mengungakpakan bahwa hubungan dua orang kekasih yang jujur cenderung lebih bertahan dalam jangka waktu yang lama. 


Bahkan hal kecil pun berpengaruh
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sikap yang tampaknya remeh seperti pelukan, ciuman, menyiapkan segelas teh atau memberikan hadiah kejutan ternyata mempunyai nilai yang sama dengan keintiman fisik bagi kehidupan pernihakan yang bahagia. Sebuah studi oleh para ahli sosial di The Open University, Inggris mengungkapkan bahwa kasih sayang akan memperkuat ikatan pasangan dan akan membuat mereka bebas-stres.


Pernikahan bukanlah satu-satunya kunci kebahagiaan
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Budaya hidup bersama semakin menjalar di berbagai belahan dunia. Sebuah studi yang dilakukan oleh Council on Contemporary Families menyimpulkan bahwa pasangan yang hidup bersama (cohabiting) ternyata mempunyai keuntungan yang sama dengan orang-orang yang menikah. Nyatanya, pesta pernikahan yang mahal justru berhubungan dengan tingkat perceraian yang tinggi.


Carilah mitra, bukan belahan jiwa
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah studi pada 2014 yang dilakukan oleh Spike W.S. Lee dan Norbert Schwarz mengungkapkan bahwa memikirkan orang lain sebagai pasangan hidup (atau seseorang yang ingin Anda temui) kadang-kadang berakibat adanya kekecewaan di masa mendatang jika ternyata orang itu tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, pikirkanlah mereka sebagai mitra dalam perjalan hidup yang akan mempunyai masa pasang dan surut.

Mempunyai anak tidaklah penting
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah studi yang dilakukan oleh Open University di Inggris mengungkapkan bahwa pasangan tanpa anak ternyata lebih bahagia daripada mereka yang mempunyai dua anak. Milikilah anak jika Anda berpikir bahwa Anda bisa mempunyai waktu untuk membesarkan anak dan berbagi tanggung jawab dengan pasangan Anda. Mempunyai anak adalah pilihan, bukan syarat.

Bersikap baik
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah studi yang dilakukan oleh John dan Julie Gottman, yang mempelajari pasangan selama 40 tahun, menunjukkan bahwa hubungan yang bertahan lama membutuhkan dua sikap utama: baik hati dan murah hati. Sikap baik hati yang dilakukan terus menerus akan membangun kepercayaan dalam hubungan yang rentan. 


Berbagi pengalaman
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Pergi berjalan-jalan, menjelajahi tempat-tempat baru bersama atau makan malam di restauran baru bisa memberikan pengalaman bersama yang akan membanun sikap saling memahami. 


Bekerja dalam interaksi yang positif
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Memberi pujian dan menunjukkan apresiasi kepada pasangan akan menghasilkan hal yang positif sehingga hubungan Anda berdua akan semakin kuat. 


Tertawa bersama
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Menurut studi yang didukung oleh National Institute of Mental Health terbukti bahwa pasangan yang terbiasa tertawa bersama cenderung lebih puas terhadap hubungan mereka. Tertawa terbahak-bahak bersama merupakan pertanda hubungan dua orang itu berjalan sempurna.


Berbicaralah sebanyak mungkin
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Selama ini telah diteliti bahwa pasangan yang menghabiskan waktu lima jam atau lebih dalam sepekan dan berbincang-bincang bersama ternyata cenderung mempunyai hubungan yang sukses.


Berolahraga bersama
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Menurut survei selama 10 tahun di Australia, menjadi orang yang tidak bugar ternyata merugikan hubunga. Pasangan yang mempunyai kesehatan mental dan fisik yang prima akan mempunyai hubungan yang bahagia. 


Berhenti kirim SMS
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Menurut riset yang diterbitkan oleh Brigham Young University di Utah terungkap bahwa terhubung dengan pasangan hanya lewat teknologi ternyata bisa menciptakan hubungan yang tidak membahagiakan. Studi ini mengungkapkan bahwa menggunakan sms untuk memecahkan masalah dan memutuskan sesuatu bisa menurunkan kualitas hubungan.


Minumlah bersama-sama
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan di University at Buffalo, New York mengungkapkan bahwa tingkat perceraian nyaris 50 persen terjadi pada pasangan yang salah satunya suka minum. Namun, pasangan akan lebih bahagia jika keduanya suka minum bersama-sama. 


Tinggallah bersama pasangan yang bahagia
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Menurut studi dari Brown University di Rhode Island, perceraian seorang sahabat atau kerabat akan meningkatkan peluang perceraian dalam pernikahan seseorang. Oleh karena itu, lingkupi kehidupan Anda bersama dengan pasangan yang bahagia sehingga mereka bisa membantu Anda untuk tetap menjaga keharmonisan hubungan.

Aktiflah berhubungan seks
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Menurut studi yang dilakukan pada 2004 oleh David G. Blanchflower dan Andrew Oswald, pasangan yang aktif berhubungan seks cenderung lebih bahagia daripada mereka yang hanya sesekali melakukan hubungan seksual. 


Batasi pertemanan Anda
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah studi yang dilakukan oleh Facebook dan Cornell University menyarankan agar pasangan yang mempunyai banyak teman yang sama cenderung untuk bercerai. Sementara itu pasangan yang teman-teman mereka tidak saling kenal justru akan bertahan lebih lama.


Tidurlah seperti bayi
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah studi yang dilakukan di University of Arizona mengungkapkan bahwa tidur nyenyak dan kebahagiaan memang berbanding lurus. Pasangan yang mempunyai pola tidur yang stabil cenderung lebih merasakan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. 

Berbagi tanggung jawab
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
PAda 2007 Pew Research menerbitkan hasil jajak pendapatl tentang hubungan yang mengungkapkan bahwa pasangan yang berbagi tanggung jawab cenderung lebih puas terhadap hubungan mereka. 

Miliki pola belanja yang sama
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Sebuah survei dari Ross School of Business di University of Michigan terhadap 1.000 pasangan menikah dan tidak menikah mengungkapkan bahwa mereka yang mempunyai pola belaja yang berbeda cenderung sering bertengkar tentang pengeluaran harian mereka yang akhirnya mengarah pada stres dan ketegangan. Namun, pasangan yang mempunyai pola belanja yang mirip cenderung lebih bahagia. 


Milikilah empati
25 Fakta tentang Hubungan Yang Bahagia
Cobalah untuk memahami emosi pasangan Anda dan apa yang dia inginkan. Menurut riset  yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengungkapkan bahwa empati membuat hubungan Anda tetap sehat. Anda tidak diwajibkan tahu persis apa yang dirasakan pasangan setiap saat. 


Semoga Tips tersebut membantu ....

No comments:

Powered by Blogger.