Header Ads

Cara Mengenkripsi Hard Disk Anda Pada System Ubuntu

www.copyhitam.com - Khusus para pengguna Ubuntu Sekarang waktunya untuk mengamankan data Anda dari pelanggaran data seperti di sini adalah panduan untuk Mengenkripsi Hard Disk Anda di Ubuntu yang semua data akan dalam bentuk terenkripsi, dan tidak ada pengguna lain yang akan mengaksesnya tanpa seizin Anda.

Hard Disk adalah pilihan penyimpanan untuk perangkat komputer dan perangkat laptop serta keseluruhan data pengguna serta data sistem operasi yang tersimpan di dalamnya saja. Bagi pengguna bisnis atau pengguna lain yang menjaga keamanan data mereka bisa menjadi motif utama karena kehilangan informasi atau data penting mereka dapat menyebabkan kerugian serius pada mereka.

Untuk keamanan tertinggi dari data baik pada platform perangkat lunak atau hard disk, enkripsi Hard Disk bekerja dengan baik, dengan menerapkannya tidak ada yang bisa mengakses data bahkan dari HDD. Di sini, di artikel ini, kita telah menulis tentang metode di mana hard disk dapat dienkripsi di perangkat yang menjalankan Ubuntu, cukup pergi dan baca artikel untuk mengetahuinya!

1.Ubuntu dapat digunakan untuk mengenkripsi hard drive dengan yang terbaik hanya saat instalasi Ubuntu jadi membawanya ke mempertimbangkan Anda harus membuat cadangan keseluruhan Ubuntu Anda dan kemudian mulai menginstal ulang menggunakan media instalasi.

Jika Anda tidak memiliki media instalasi untuk Ubuntu maka Anda dapat dengan mudah membuatnya dengan mendownload file ISO untuk versi Ubuntu terbaru secara langsung menggunakan situs resminya lalu membakarnya ke disk atau menyalinnya ke flash drive USB. Untuk file gambar ISO yang berkedip ke USB Flash drive, Anda bisa menggunakan alat Etcher!

2.Muatkan disk Instalasi dan jalankan proses instalasi Ubuntu pada perangkat Anda. Beberapa jenis jendela akan muncul di layar dengan judul Installation Type, pilih opsi "Erase disk and install Ubuntu" dan centang juga opsi "Encrypt the new installation installation for security". Setelah semua pilihan dibuat klik tombol Install Now untuk memulai proses instalasi.
3.Jika Anda menjalankan dual OS pada perangkat Anda, perhatikan bahwa Anda harus memilih opsi "Install alongside .." dan kemudian pilih opsi enkripsi tersebut juga. Setelah itu pilih proses instalasi dengan mengklik tombol Install Now.

4.Sekarang setelah ke-3 atau ke-2 langkah Anda akan melihat bahwa Ubuntu akan memuat halaman konfigurasi dimana memungkinkan pengguna untuk mengatur kunci enkripsi untuk instalasi. Anda kemudian harus menyiapkan kunci keamanan kustom Anda sendiri dan juga memeriksanya agar cukup kuat melalui barometer keamanan yang akan diminta sendiri.

Juga konfirmasikan password keamanan yang sama dan kemudian lanjutkan. Centang kotak yang bertuliskan "Timpa ruang disk kosong" jika Anda ingin melakukan tindakan itu. Pilih tombol Install Now dan kemudian menindaklanjuti instalasi khas Ubuntu.

5.Setelah proses instalasi Ubuntu secara keseluruhan, Anda kemudian dapat membuat backup semua data Anda dari Ubuntu Anda sebelumnya dan kemudian mulai menggunakannya seperti biasa. Hard disk akan dienkripsi secara otomatis dan kunci untuk itu adalah yang telah Anda buat di langkah ke-4. Perhatikan bahwa Anda seharusnya tidak pernah lupa untuk melupakan kunci keamanan Anda untuk hard disk karena dapat menyebabkan Anda kehilangan akses ke keseluruhan akses Anda ke hard drive secara permanen!

Jadi, inilah metode yang bisa digunakan untuk mengenkripsi hard disk Anda di perangkat komputer yang menjalankan Ubuntu. Ingat satu hal bahwa sekali password untuk hard drive terenkripsi hilang maka menjadi sangat sulit atau tidak mungkin untuk mendapatkan akses ke data di dalamnya sehingga tidak pernah kehilangan kata sandi HDD Anda. TERIMAKSIH DAN SEMOGA MEMBANTU

No comments:

Powered by Blogger.